Jumat, 04 April 2008

Asus Eee PC

Asus Eee PC menawarkan sebuah notebook berukuran kecil yang dilengkapi prosessor Celeron dengan media penyimpanan sebesar 4GB serta layar berukuran 7” tanpa dilengkapi drive DVD. Eee PC sebenarnya di desain untuk pengguna yang masih anak-anak, tetapi banyak yang cukup tergoda untuk menggunakannya dengan pertimbangan harga yang murah serta mudah digunakan.

Antar muka pengguna cukup sederhana, hanya tersedia enam buah pilihan yang mudah dimengerti; Internet, Work, Learn, Play, Setting dan Favorites yang didesain berbasis Linux. Pada bookmark tersedia link untuk situs-situs yang sering dikunjungi seperti Yahoo maupun Google. Pengguna yang setiap hari menggunakan desktop akan menikmati kemudahan dan pilihan navigasi yang berbeda, lebih segar dan sederhana dibanding XP maupun Vista, mungkin juga dengan Mac OS X.

Layar Eee PC yang hanya 7” memiliki resolusi 800 x 480 pixel sehingga cukup jernih dan mudah dijangkau penglihatan. Bentuknya di desain dengan baik dan solid, pada sisi kanan terdapat sebuah slot SD card, dua buah port USB dan port VGA. Pada sisi kiri juga tersedia port USB tambahan, ethernet, dan modem untuk berinternet serta input dan output audio.

Keyboard terasa cukup luas dengan tombol yang disusun saling berhimpitan, gangguan yang mungkin terjadi adalah keliru menekan antara Shift dengan panah Up, karena keduanya saling berdekatan. Touchpad tersedia untuk memudahkan pengguna mengarahkan kursor untuk menjangkau menu yang tersedia.

Aplikasi Internet yang tersedia di Eee PC sangat bermanfaat, tersedia browser Firefox, Wikipedia, Skype (untuk percakapan yang murah) maupun chating, karena kebanyakan orang dewasa mungkin anak-anak banyak menghabiskan waktu untuk ber-internet. Sehingga Eee PC merupakan alat yang tepat sebagai pendamping komputer utama untuk terhubung dengan koneksi internet.

Pada menu Work pengguna akan menemukan link menuju aplikasi yang serupa dengan Microsoft Office yaitu OpenOffice.org 2.0 termasuk didalamnya Documents, Spreadsheet dan Presantations. Saat pertama mengaktifkan program tersebut terdapat jeda hampir 10 detik dan 8 detik jika telah digunakan sebelumnya. Tidak ada masalah saat membuat suatu dokumen Word di Eee PC kemudian bekerja kembali menggunakan file yang sama pada laptop Windows.

Prosessor Celeron yang digunakan dan memory sebesar 512MB mampu menjalankan aplikasi serta sistem operasi dengan baik dan sempurna. Media penyimpanan berkapasitas 4GB membuat Eee PC tidak dapat digunakan sebagai tempat menyimpan media digital utama, solusi untuk meningkatkan kapasitas tersebut adalah dengan menggunakan drive eksternal.

Aplikasi yang tersedia mambuat Eee PC dapat digunakan sehari-hari untuk melakukan pekerjaan kantor dimanapun, tanpa harus berada didalam ruangan. Antar muka yang mudah digunakan dan pengalaman menelusur internet menggunakan web 2.0 serta desain yang luar biasa merupakan solusi yang tepat untuk mengenalkan kepada anak-anak dunia komputasi sejak dini. (fahrur)

Tidak ada komentar: